Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Berqurban

25 August 2018

Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H, mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah bersama Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah melaksanakan ibadah qurban. Program tersebut merupakan inisiasi dari Jurusan Perbankan Syariah, termasuk dari Bp. Budi Sukardi, S.E.I, M.S.I., selaku Ketua Jurusan Perbankan Syariah, sebagai program sosial mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah.

Dengan dirilisnya tabungan qurban mahasiswa pada bulan Desember 2017, mahasiswa jurusan Perbankan Syariah mengumpulkan dana untuk berqurban melalui tabungan qurban mahasiswa yang di kelola oleh HMJ Perbankan Syariah, tepatnya oleh Divisi Kerohanian. Program tabungan qurban mahasiswa dilaksanakan dengan mengumpulkan dana dari mahasiswa Perbankan Syariah melalui koordinator masing-masing kelas, yang kemudian dana tersebut disalurkan kepada HMJ Perbankan Syariah. Tidak ada batasan dana dan waktu yang ditentukan dalam pengumpulan dana. Mahasiswa diberi kebebasan dalam mengumpulkan dana sesuai dengan kesepakatan masing-masing kelasnya.

Sejak dirilisnya tabungan qurban mahasiswa sampai dengan pelaksanaan qurban, sudah terkumpul dana sejumlah Rp. 9.600.000,00, yang kemudian oleh HMJ Perbankan Syariah direalisasikan dengan membeli hewan qurban sebanyak 4 ekor kambing. Hewan qurban tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan daging hewan qurban, yaitu Masjid Al-Ikhlas (Polo, Kenteng, Nogosari, Boyolali), Masjid Muttaqin (Tempel, Sobokerto, Ngemplak, Boyolali), Masjid Al-Ikhlas (Turibang, Sobokerto, Ngemplak, Boyolali), dan Masjid Turunan (Sobokerto,
Ngemplak, Boyolali).

Selain berfokus pada bidang pendidikan dan akademik, pihak Jurusan Perbankan Syariah juga memiliki harapan bahwa program tabungan qurban mahasiswa dapat meningkatkan nilai sosial dan kepedulian dari mahasiswa untuk masyarakat sekitarnya. Kemudian juga diharapkan agar kedepan program tabungan qurban mahasiswa ini dapat terus berjalan, sehingga dapat dijadikan program sosial yang rutin diadakan setiap tahun atas nama mahasiswa jurusan perbankan syariah. (alan)