Memaknai Berkah Ramadhan: HMJ MBS Lakukan Bakti Sosial

13 May 2019

HMJ Manajemen Bisnis Syari’ah IAIN Surakarta mengadakan acara Bakti Sosial bernama HMJ MBS Berbagi, kegiatan ini mengusung tema “Berbagi Kebahagian di Bulan Ramadhan Bersama HMJ MBS”. Acara ini merupakan program kerja devisi Humas sebagai wujud kepedulian mahasiswa kepada masyarakat khususnya anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan bantuan dari segi ekonomi. Bakti sosial ini bertempat di teras Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta yang di hadiri 32 anak dari 3 TPA yaitu TPA Al-Fatah, TPA Al-Mukaromah, dan TPA Darussalam.

Acara diawali dengan kegiatan mendongeng dari komunitas DOING (Dogeng Keliling Project). Anak-anak terlihat antusias mendengarkan dongeng kisah si monyet bernama Moli yang disampaikan oleh kak Nadya La Tsania dan kak Iber. Dongeng tersebut berceritakan tentang seekor monyet yang suka makan pisang dan membuang kulitnya sembarangan. Namun Suatu hari dia bermimpi buruk dan berjanji akan berperilaku baik pada lingkungan. Dongeng ini mengajak anak-anak untuk mencintai lingkungan dengan membuang sampah ditempat yang benar. Setelah penyampaian cerita dongeng selesai dilakukan sesi tanya jawab dimana anak-anak diajak mereview cerita yang telah disampaikan dan dilanjut hafalan doa dan surat-surat pendek. Peserta yang berhasil menjawab mendapatkan doorprice dari panitia.

Memasuki adzan magrib, dilakukan buka puasa bersama diawali dengan doa buka puasa yang dipimpin oleh MC. Peserta kemudian menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan panitia. Puncak acara ini adalah pembagian santunan kepada 21 anak yatim dan dhuafa dari 3 TPA disekitar kampus. Penyerahan santunan berupa uang diberikan oleh Herman Wahyu Lestari selaku ketua Umum HMJ MBS  dan Rifqi Naufal Ramadhan selaku ketua panitia. Selain mendapat santunan seluruh anak-anak yang hadir juga diberikan parcel berupa alat tulis dan perlengkapan sekolah.

Acara ini sukses berkat dukungan dari pihak fakultas, sponsorship, serta donasi mahasiswa, dosen dan masyarakat lewat voucher Ramadhan. Harapannya dengan adanya bakti sosial ini keberadaan HMJ MBS memberi kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar dan kegiatan sosial seperti ini bisa diagendakan rutin untuk setiap tahunnya. (Humas/Halimatus)

Top