61 Mahasiswa FEBI IAIN Surakarta Belajar Manajemen Industri di PT. Sido Muncul Tbk.

5 September 2019
previous arrow
next arrow
Slider

 

Dalam kesempatan kali ini, salah satu Departemen dari DEMA FEBI IAIN Surakarta yakni Departemen Keilmuan dan Kewirausahaan (DEPILUS) berhasil menyelenggarakan kegiatan kunjungan industri ke salah satu perusahaan besar level Nasional di Indonesia yaitu PT. Sido Muncul Tbk. Acara yang dilaksanakan pada 28 Agustus 2019 ini diikuti oleh 61 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa baru FEBI di tiap kelas, delegasi Ormawa FEBI, dan segenap panitia penyelenggara dari DEMA FEBI.

Acara ini dimulai dengan persiapan dan perjalanan menuju lokasi PT Sido Muncul Tbk yang beralamat di Jl Soekarno Hatta Km 28 Kec Bergas – Klepu, Semarang Indonesia. Sesampainya di lokasi, mahasiswa disambut dengan baik oleh PT Sido Muncul Tbk, kemudian secara resmi acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Umum DEMA FEBI IAIN Surakarta dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan PT Sido Muncul Tbk.

Selanjutnya, mahasiswa dipandu untuk berkeliling di area perusahaan. Tujuan yang pertama adalah di bagian produksi, di sini mahasiswa ditunjukan secara langsung bagaimana proses produksi di PT Sido Muncul, mulai dari pengklasifikasian bahan baku simplisia maupun bahan baku non simplisia, kemudian dijelaskan pula informasi mengenai bagaimana proses awal pemilihan bahan baku, sistem penyimpanan, model pengolahan, dan akhirnya menjadi produk yang siap dipasarkan.

Selanjutnya, peserta diajak untuk menengok proses pengemasan produk, mulai dari kemasan primer, sekunder hingga tersier. Dalam kunjungan tersebut, nampak pengemasan dilakukan oleh pekerja yang sangat handal dan terampil. Selanjutnya, di lantai dua ruangan-ruangan laboratorium sudah menunggu untuk diamati dan dibuktikan sebagai penjamin mutu dan keamanan bagi para konsumen sido muncul. Adapun 5 tahap yang ditempuh untuk memastikan produk bebas dari kandungan logam berat, pupuk, pestisida, aflatoksin, dan bahan haram. Tahapan-tahapan tersebut dilaksanakan demi menjamin keamanan konsumen dari zat yang merusak tubuh.

Antusiasme peserta muncul dalam kunjungan industri kali ini, dikarenakan mereka tidak sekedar mendapatkan informasi teori, akan tetapi mahasiswa juga bisa melihat bagaimana tahapan -tahapan dalam proses produksi tersebut secara langsung .

Setelah itu, mahasiswa di persilahkan menuju ke Agrowisata PT. Sido Muncul Tbk untuk melakukan sesi diskusi, Hal ini merupakan kegiatan terakhir pada Kunjungan industri kali ini. Di setiap perjalanan menuju lokasi diskusi, mahasiswa disuguhkan dengan pemandangan beragam satwa yang berada di dalamnya; seperti Harimau, merak, menjangan, orang utan, beberapa jenis kera, ular, landak, dan sebagainya. Tentunya hal tersebut menambah semangat bagi mahasiswa untuk menuju lokasi. Saat forum diskusi, banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh mahasiswa dari PT Sido Muncul Tbk yang belum sempat tersampaikan pada saat penyampaian materi di lokasi pabrik. Kemudian sekaligus acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada seluruh peserta yang hadir dan penyerahan kenang-kenangan.

Adapun tujuan dari diadakannya kunjungan industri tahun 2019 ini, yakni sebagai sarana pemantik semangat generasi muda milenal dalam membangun sebuah inovasi dalam menciptakan suatu karya. Sehingga dapat terciptanya usahawan – usahawan muda generasi terbaik bangsa. Yang tidak hanya berbekal dari ilmu pengetahuan akan tetapi juga berbekal dari sebuah pengalaman.

Secara resmi DEMA FEBI IAIN Surakarta selaku panitia penyelenggara kegiatan ini mengucapkan terimakasih bagi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk yang telah berkenan menjadi objek kunjungan industri kali ini. Semoga dengan acara ini dapat menginspirasi kita semua khususnya generasi muda bangsa. Hidup Indonesia, Jadilah generasi emas tanpa kehilangan Integritas.

Fitriyani Jannah (Kabiro Keilmuan DEMA FEBI)

Top