Badan Wakaf FEBI, Perkenalkan Wakaf bagi Generasi Millenial

19 September 2019
previous arrow
next arrow
Slider

Fakultas ekonomi dan bisnis Islam melalui badan wakaf FEBI Menyelenggarakan kegiatan Seminar (kuliah umum) bagi mahasiswa FEBI dengan tema ” Wakaf Milenial di era Revolusi Industri 4.0″. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tonggak awal badan wakaf FEBI memulai rangkaian gerakan yg akan dilaksanakan untuk menangkap dan mengoptimlkan peluang dan potensi wakaf serta instrumen keuangan Islam lainnya. Melalui kegiatan seminar ini, diharapkan semakin memperkuat cita2 badan wakaf FEBI untuk mewujudkan gerakan sosial Dan wakaf melalui peran mahasiswa sebagai generasi milenial untuk menjadi da’i- da’i wakaf.

Acara diawali dengan sambutan yg disampaikan oleh ketua badan wakaf FEBI bpk. Waluyo, Lc., MA. Dalam sambutannya, beliau berpesan khususnya kepada mahasiswa untuk menjadi agen philantrophy di era Revolusi Industri. Untuk menjadi agen perubahan, diperlukan ilmu dan inovasi serta kreativitas yang harus terus dipupuk sejak dini. Salah satunya adalah dengan memahami instrumen filantrophy Islam yang kini sedang banyak digalakkan, yakni wakaf.

Acara selanjutnya yaitu inti kegiatan seminar yg dipandu oleh moderator ibu indriyana Puspitosari, MSi.
Pada sesi inti, narasumber Ibu Dian Masyita Ph.D memulai pemaparan materi diawali dengan mendeskripsikan mengenai integrasi antara sistem keuangan dengan moral ekonomi Islam, dilanjutkan tentang isu isu berkaitan dg pengelolaan Wakaf. Wakaf yang dilakukan sejak zaman nabi, para sahabat hingga wakaf masa kini. Beliau memaparkan potensi wakaf yang masih sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia. Wakaf konvensional yang didominasi oleh wakaf asset sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Kini saatnya potensi wakaf asset yang sudah begitu besar harus dikembangkan potensinya salah satunya dengan panfaatan wakaf uang. Beliau mencontohkan betapa wakaf sangat fleksibel digunakan untuk mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat, bahkan negara. Sesi inti ditutup dengan diskusi dengan beberapa pertanyaan yg disampaikan dari peserta seminar.

Rangkaian kegiatan seminar diakhiri dengan acara simbolik launching program sedekah akademik oleh Badan Wakaf FEBI. Acara launching ditandai dengan penyerahan dana dari pengelola kegiatan sedekah akademik kepada ketua Badan Wakaf FEBI. Gerakan Sedekah Seribu (SERBU) menjadi gerakan yang diperkenalkan pada kesempatan kali ini. Program sedekah akademik ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh civitas akademika FEBI IAIN Surakarta untuk dapat berbagi kepada sesama. Dalam Kesempatan tersebut juga disampaikan penyaluran dana yang sudah dilakukan melalui sedekah akademik, seperti untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial dalam pembayaran kuliah dan bantuan bagi dosen serta mahsiswa yang sedang mengalami musibah. Acara dilanjutkan dengan foto bersama.

Top