306 Mahasiswa Calon Wisudwan FEBI IAIN Surakarta ikuti Career Development Program dengan tajuk Sukses Bekarir dan Berwirausaha

5 October 2019
previous arrow
next arrow
Slider

 

FEBI News| Guna membekali lulusannya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta menyelenggarakan Career Development Program dengan tajuk Sukses Bekarir dan Berwirausaha. Acara ini diselenggarakan pada Jum’at (27/8/2019) yang diikuti secara antusias oleh 306 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang akan diwisuda pada periode 41 dan 42. meskipun pelaksanaan dimulai pukul 7.30 WIB. Pada kesempatan itu, tampil sebagai narasumber yakni Psikolog Vera Imanti, M.Psi. dan Digital Desainer Gilang Bogy, S.E. Kegiatan diawali dengan kegiatan seremonial dengan sambutan Dr. Awan Kostrad mewakili jajaran Dekanat, bahwa calon alumni FEBI harus mampu unggul dan bersaing dalam dunia kerja. Lulus itu hanya awal dari perjuangan yang sesungguhnya.

Lanjut pada materi inti, Vera Imanti, M.Psi. memberi semangat bahwa harus bagaimana mahasiswa setelah wisuda. Kebahagiaan mahasiswa hanya pada saat setelah selesai revisi skripsi hingga pelaksanaan wisuda, setelah itu kegalauan ala generasi milenial akan mewabah kepada alumni. Entah alasan kerja atau akan dirasani tetangga karena menganggur. Maka dari itu, Dosen sekaligus Psikolog tersebut mengimbau agar mahasiswa calon wisudawan bisa memahami diri sendiri guna mendapat karir yang diimpikan. Selain itu, beliau juga memberikan bagaimana trik-trik dalam menghadapi dunia kerja, dari pemilihan kerja hingga menghadapi HRD. Sementara narasumber kedua, memotivasi bahwa berkarir tidak harus duduk manis di meja kerja ala kantoran. Bekerja akan lebih nyaman dan membahagiakan manakala sesuai passion. Meskipun penuh tantangan dan tekanan, jika kita sudah mencinta pekerjaan maka semua akan terasa menyenangkan. Desainer itu berkisah bahwa dirinya adalah seorang sarjana ekonomi, akan tetapi dia lebih menekuni dunia desain grafis yang justru tidak dipelajarinya selama duduk di bangku kuliah. Kecintaanya dalam dunia desain, telah mengantarkannya menjadi desainer dari Indonesia yang dikontrak timnas Jerman dalam gelaran piala dunia beberapa tahun silam. Hasil karyanya dipajang dalam kemasan khusus dan terbatas coca cola di Jerman. Tak berhenti disitu saja, karir gemilangnya juga membuat pemuda lulusan 2016 UNS ini mendapat penghargaan-penghargaan dalam seni WPAP.
Dalam Career Development Program ini, diharapkan mampu memicu mahasiswa calon wisudawan untuk pandai menyikapi masa depan. Kampus hanya jalan atau tawasul menuju kesuksesan. Sukses tidak selalu diindikasikan dengan bergelimang harta, jabatan yang tinggi atau perihal yang melulu menyangkut materi. Tetapi sukses itu ketika mereka bisa berbuat, bermanfaat terhadap sekelilingnya. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh ketua Panitia, N.H. Al Amin, M.E.Sy. Sekaligus berpesan bahwa Career Development Program ini hanya secuil ikhtiar yang dilakukan demi kejayaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melalui alumni sebagai corong indikator utama keberhasilan Pendidikan. (efha)

Top