Sejarah Unit Laboratorium FEBI

 

Sejak tahun 2007, Jurusan Ekonomi Islam STAIN Surakarta memiliki program praktikum komputer dan sistem keuangan syariah. Tujuan pemberian praktikum pada saat itu untuk memberikan bekal Skill kepada tiga program studi saat itu, yaitu prodi manajemen syariah, akuntansi syariah dan perbankan syariah. Dalam perkembangaannya, sejak tahun 2008, Unit Laboratorium memberikan peluang kepada mahasiswa untuk ikut membantu praktikum yang disebut dengan asisten laboratorium. Asisten Unit Laboratorium ini, dipilih melalui seleksi semester dan masih berlangsung sampai sekarang.

Perkembangan Unit Laboratorium FEBI tidak lepas dari sejarah berkembangnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Seluruh prodi yang ada di FEBI saat ini dahulunya merupakan prodi yang masuk ke dalam Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI). Sejak tahun 2014, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam berkembang menjadi 2 fakultas, yaitu Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Keberadaan praktikum ini ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta. Perkembangan fakultas tersebut juga berdampak pada perkembangan unit laboratorium FEBI. Di samping perkembangan fakultas, kerjasama yang dilakukan oleh institut maupun fakultas juga dapat menjadi penunjang pengembangan unit laboratorium FEBI. Tercatat beberapa lembaga yang sudah dan pernah menjalin kerjasama dengan IAIN Surakarta, khususnya FEBI adalah Bank Syariah Mandiri, Bank Indonesia, Danareksa Sekuritas, Bursa Efek Indonesia, dan BRI Syariah.
Sejak tahun 2008 hingga sekarang, total asisten laboratorium FEBI yang ikut membantu mengajar mata kuliah praktikum adalah 35 orang. Seluruh asisten Laboratorium FEBI dipilih melalui seleksi yang dilakukan langsung oleh Kepala Unit Laboratorium FEBI. Tahapan seleksi dimulai pengumpulan berkas administrasi, tes tertulis & praktik, micro teaching dan interview/wawancara.

Unit Laboratorium fakultas merupakan unit pendukung akademik di fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Surakarta. Dalam pelaksanaannya unit laboratorium bekerjasama dengan program studi yang ada di fakultas dan melaksanakan kegiatan praktikum sebagai pendukung pelaksanaan proses belajar mengajar guna mencapai tujuan serta visi dan misi fakultas, yakni terwujudnya fakultas yang unggul dan mandiri dalam pengembangan ilmu pengetahuaan ekonomi dan bisnis Islam, peradaban islam serta pembinaan akhlakul karimah pada tahun 2020 di tingkat nasional

TUGAS POKOK dan FUNGSI
  1. Mengelola pelaksanaan aktivitas laboratorium fakultas
  2. Mengembangkan laboratorium fakultas
  3. Mengkoordinasikan praktikum mahasiswa

 

Top