Rabu (28/03/2018), Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo (KOJK) bersama dengan PT. Pegadaian Solo menyelengarakan kegiatan Sosialisasi Lembaga Keuangan Non Bank Syariah dengan tema Mengenal Industri Keuangan Non Bank Syariah bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3 IAIN Surakarta. Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara jurusan Perbankan Syariah dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Pegadaian Syariah dalam meningkatkan literasi keuangan syariah dikalangan mahasiswa khususnya kepada mahasiswa jurusan Perbankan Syariah IAIN Surakarta.

Mengawali jalannya kegiatan sosialisasi, Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan dari KOJK Solo yang diwakili oleh Bapak Tito Adji Siswantoro selaku Kepala Bidang Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB), Pasar Modal dan Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) KOJK Solo. Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Budi Sukardi, S.E.I, M.S.I selaku Ketua Jurusan Perbankan Syariah sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Lembaga Keuangan Non Bank Syariah dengan tema Mengenal Industri Keuangan Non Bank Syariah.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Ibu Susana Diah Kusumaningrum selaku Kepala Sub Bagian IKNB dan Pasar Modal KOJK Solo. Pada materi pertama, Ibu Susan membahas gambar umum IKNB dan IKNB Syariah, mulai dari pengertian IKNB dan IKNB Syariah hingga industri jasa keuangan yang termasuk dalam IKNB dan IKNB syariah.

Penyampaian materi kedua mengulas mengenai produk PT. Pegadaian Syariah dengan judul materi  “Investasi Emas Untuk Merencanakan Pendidikan Anak dan Ibadah Haji” yang disampaikan oleh Bapak Ade Yayat selaku Kepala PT. Pegadaian Solo. Dalam pemaparannya, Bapak Ade Yayat mengajak para peserta untuk berinvestasi emas sebagai sarana perencanaan keuangan di masa depan dan mengampanyekan slogan “emas itu uang, tapi uang bukanlah emas”. Selain itu, beliau juga memaparkan proses dan prosedur dalam berinvestasi emas di PT. Pegadaian Syariah.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut terlihat besarnya antusiasme mahasiswa yang hadir sebagai peserta. Hal tersebut terlihat dari jumlah peserta yang melebihi target kuota yaitu sebanyak 108 mahasiwa dari target semula sebanyak  80 mahasiswa. Selain dari animo jumlah peserta yang melebihi target, antusiasme peserta juga tampak dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kemarahan pemateri dalam menyampaikan dan menjawab pertanyaan secara detail dan gambang kepada para peserta menjadi kunci terhadap besarnya antusiasme peserta dalam mengikuti acara sosialisasi tersebut.

Diharapkan dengan acara sosialisasi ini dapat menambah khasanah keilmuan mahasiswa dan meningkatkan literasi keuangan syariah kepada mahasiswa jurusan Perbankan Syariah IAIN Surakarta. Selain itu dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu secara klasikal di dalam kelas bersama dosen, tetapi juga ilmu yang disampaikan oleh para praktisi yang menguasai bidangnya secara langsung. (frisdaanastasia)