Pada hari Kamis (12/7), pengelola konsorsium dosen kembali melaksanakan kegiatan diskusi dengan tema “Sharing Seputar Metode Penelitian pada Penyusunan Skripsi Mahasiswa: Penyamaan Persepsi Pada Penggunaan Teknik Analisis Regresi Linier Berganda”. Diangkatnya tema diskusi kali ini ditujukan untuk melakukan penyamaan persepsi para dosen pada penggunaan teknik analisis regresi linier berganda.

Narasumber pada diskusi kali ini adalah Wakil Dekan 1, Drs. Azis Slamet Wiyono, M.M., dengan dimoderatori oeh Usnan, S.E.I., M.E.I. Diskusi diawali dengan pemaparan mengenai penggunaan alat analisis regresi linier berganda, dan selanjutnya diangkat poin-poin yang selama ini masih belum seragam dipahami oleh para dosen, baik sebagai pembimbing maupun penguji skripsi.

Tiga poin yang selanjutnya didiskusikan adalah mengenai penggunaan uji F, pembacaan hasil olah data terkait signifikansi pengaruh dan besarnya pengaruh, serta sistematika pada pengujian regresi linier berganda. Dan berdasarkan hasil diskusi, disepakati bahwa: (1) Uji F digunakan untuk menguji ketepatan model, sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam rumusan masalah, (2) Signifikansi pengaruh dilihat berdasarkan nilai signifikansi atau nilai t, sedangkan untuk menyimpulkan besarnya pengaruh dilihat berdasarkan nilai koefisien regresi masing-masing variabel independen, (3) Sistematika pada pengujian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan urutan berikut: deskripsi data, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji ketepatan model, analisis regresi, dan uji t.

Selain ketiga hasil pokok diskusi diatas, di akhir sesi diskusi para peserta diskusi merekomendasikan untuk mengagendakan diskusi-diskusi khusus berkaitan dengan alat-alat analisis lainnya, yang sudah mulai banyak digunakan oleh mahasiswa, sehingga kedepan dapat terus meningkatkan kualitas skripsi. (usnan)