Kamis 7 Maret 2019, DEMA FEBI IAIN Surakarta menyelenggarakan Training Organisasi dengan tema “Membentuk Organisatoris yang Kritis Aktif dan Kreatif” bertempat di Gedung Aisiyah Barat RS PKU Kartasura. Acara tersebut di isi oleh beberapa pembicara antara lain Bapak Slamet Muridan, S.Akun sebagai pembicara utama dan Saudara Arifin Efendi S.Pd, Rizki Almalik, Kak Hafizat, Ardhika Rahmawati, Febri M. Husni sebagai pembicara perbidang. Tidak lupa dalam acara ini juga mengundang seluruh Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) FEBI IAIN Surakarta, yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah (HMJ MBS), Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah (HMJ PBS), Himpuanan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah (HMJ AKS), Forum Ekonomi Syariah (FRESH ), dan Program Asistensi Keagamaan dan Kepribadian Islam (PAKKIS).

Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al- Qur’an oleh saudara Muqsit Ardiyansah kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahasiswa yang dipimpin oleh saudari Dyah Ayu Puji L. Selanjutnya Sambutan oleh saudara Rizki Fajar Santoso sebagai ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI sekaligus membuka acara Training Organisasi. Setelah Opening Ceremony acara yang ditunggu–tunggu yaitu Materi oleh Bapak Slamet Muridan S.Akun dimana beliau menyampaikan beberapa materi terkait keorganisasian, motivasi, dan berbagi pengalaman. Pembicara mengambil contoh dari Muhammad Al Fatih yang  dapat menaklukan Konstantinopel dalam usia yang masih muda.

Selain itu beliau juga menyampaikan bagaimana dalam organisasi tidak mementingkan kepentingan atau visi pribadi, karena dalam organisasi memiliki visi dan misi yang besar dan itu harus diwujudkan bersama. Beliau memberikan contoh bahwa jadikan organisasi adalah keluarga, jangan hanya soal program kerja terlaksana, tapi juga harus memikirkan kebutuhan para staff atau anggotanya, jika kebutuhan para anggota terpenuhi program kerja juga akan terpenuhi dan rasa kekeluargaanpun didapat.

Sesi terakhir sebelum ditutup beliau berpesan agar sebagai pengurus Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) harus focus, memberikan kontribusi yang baik, ramah dan terbuka dengan siapapun. Tidak lupa harus berprestasi, jadi tidak hanya sukses dalam berorganisasi tapi juga sukses dalam akademik, dan jangan niatkan itu semua hanya untuk dipandang orang. Jangan hanya stagnan tapi juga harus selalu berinovasi. Waktu adalah pedang, dibantai waktu atau memanfaatkan waktu. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang–kenangan kepada Bapak Slamet Muridan, S.Akun.

Acara dilanjutkan dengan membentuk kelompok setiap Bidang atau Departemen, sesi ini setiap Bidang atau Departemen memiliki pembicara yang ahli dalam bidangnya masing–masing, seperti Departemen Internal/SDM, Departemen Kastrad, Departemen Kewirausahaan dan Keilmuwan, Departemen Humas dan Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat. Tujuannya dari acara ini setiap anggota dapat mendiskusikan problematika yang dihadapi didalam program kerja, dan diharapkan dapat membuka pandangan terkait Bidang atau Departemen yang mereka pegang. Setelah selesai pertemuan perbidang atau Departemen diakhiri dengan penutup dan foto bersama.

Harapanya dengan adanya Training Organisasi ini dapat menjadikan organisator yang Kritis, Aktif dan Kreatif seperti tema yang diangkat. Selain itu, dapat menambah semangat dalam berorganisasi, saling mengenal dan akrab dengan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) yang lain. Serta dapat memberi jawaban ketidaktahuan yang dialami dalam Organisasi  yang diemban. Bagi yang mendapat doorprise dari pembicara utama Bapak Slamet Muridan, S.Akun semoga bisa bermanfaat dan sukses seperti baliau. (Maulida)