FEBI News | Pesantren Mahasiswa Diniyah (Pesmadin) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta mengadakan serangkaian UAS secara daring. Ujian ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa semester  dua tahun ajaran 2019/2020.Ujian dilakukan secara daring sebagai bentuk kepatuhan pada aturan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19, tetapi juga tidak menafikan dalam proses pelaksanaan UAS Pesmadin yang harus tetap dilaksanakan sebagaimana yang telah dijadwalkan.

Awalnya UAS sudah direncanakan secara tatap muka, di mana dilakukan pada ruangan dan dengan adanya pengawas. Namun dengan adanya himbaun untuk di rumah, maka dengan segera pembina Pesmadin mencari alternatif lain dalam menjalankan ujian akhir. Untuk itu dengan daringlah solusi yang tepat.

Berbagai persiapan dan kebutuhan dalam pelaksanaan UAS Pesmadin dipersiapkan. Mulai dari jadwal ujian, materi yang akan diujikan dan teknis pelaksanaan ujian. Semua dilakukan dengan segera dan seefektif mungkin. Mengingat sebenarnya pelaksanaan UAS telah lewat dari hasil rapat sebelum adanya pandemi Covid-19.

Ujian dimulai pada Ahad, 19 April 2020 sesuai jadwal yang telah direncanakan. Pada hari tersebut dilakukan ujian serentak khusus teori dengan dibagi 3 sesi. Sesi pertama pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB untuk mahasiswa Pesmadin prodi Akuntansi Syariah. Dilanjut pukul 09.30 WIB sampai dengan 10.30 WIB untuk mahasiswa Pesmadin prodi Manajemen Bisnis Syariah. Sesi terakhir pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB untuk mahasiswa Pesmadin prodi Perbankan Syariah. Dalam hal ujian ini digunakan aplikasi quizizz dengan kode permainan yang berbeda pada setiap prodi. Dan tentunya dengan batas waktu yang sudah diatur, di mana setiap ujian hanya mempunyai waktu 60 menit untuk mengerjakan soal.

Ujian melalui daring dalam hal ini menggunakan quizizz, tentu tidak terlepas dari adanya masalah atau gangguan. Sudah menjadi rahasia umum, jika ujian yang dilakukan secara daring masalahnya tidak jauh dari yang namanya jaringan internet. Tentu, dalam pelaksanaan ujian kali ini, kami juga menemukan hal itu. Di mana mahasiswa tidak bisa join karena jaringan, ada yang terputus di tengah ujian, dan semacamnya. Untuk mengantisipasi hal itu, maka sudah ada rencana sebagai solusinya.

Mahasiswa Pesmadin yang mengalami gangguan (trouble) bisa mengikuti ujian susulan yang dilakukan pada siang sehabis zuhur. Namun, kali ini menggunakan google form yang dirancang untuk quiz dan sudah diatur batas submitnya. Sehingga mahasiswa Pesmadin hanya bisa mengisi soal-soal yang ada di form itu sebelum melampaui batas waktu yang sudah diatur.

Walaupun ujian daring pada Minggu 19 April 2020 telah usai, namun hari berikutnya masih ada ujian daring yang lain. Di mana ada ujian praktik fiqh ibadah, praktik membaca Al-Quran dan Tahfidz yang dilakukan secara live daring. Ujian praktik ini dilakukan oleh tim penguji yang sudah ditentukan. Selain ujian praktik ini, adapula ujian yang dilakukan dengan membuat video. Itu semua merupakan serangkaian UAS Pesmadin tahun 2020. Ujian ini diikuti oleh 1.120 mahasiswa sebagaievaluasi akhir dari kegiatanpembelajaran Pesmadin.Dimana kegiatan ini sudah dilakukan sejak libur semester ganjil, Januari 2020. (humas Pesmadin)

#dirumahaja
#UASPesmadin
#febiiainsurakarta
#BanggaIAINSurakarta