FEBI News | Program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen FEBI IAIN Surakarta memberikan literasi tentang bahaya investasi bodong. Dimana investasi bodong saat ini semakin marak dan membuat masyarakat menderita kerugian. Menariknya iming-iming dari investasi bodong ditambah kurangnya literasi masyarakat tentang investasi, memberikan kesempatan bagi investasi bodong untuk melakukan aksinya. Kasus terakhir yang mencuat di klaten adalah kasus investasi bodong obat herbal klaten yang merugikan milyaran rupiah dari masyarakat.

Literasi tentang investasi juga dibutuhkan oleh pemuda-pemudi. Literasi yang baik tentang investasi oleh pemuda, akan memberikan efek kepada semakin hati-hatinya pemuda pada investasi yang berkembang dimasyarakat dan menjadi tameng keluarga dalam menghadapi investasi bodong. Sebagai dampaknya adalah bahwa semakin baik pemuda memberikan informasi tentang investasi khususnya kepada keluarga.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Zakky Fahma Auliya, MM selaku Dosen FEBI IAIN Surakarta pada (Ahad, 12/07/2020) di wilayah Klaten, dengan pemateri bapak M Wira Adibrata (Pimpinan IDX KP 2 Jawa Tengah, Surakarta). Pak Wira sebagai pemateri memberikan gambaran bagaimana mudahnya investasi di pasar modal. Dimana hanya butuh KTP dan nomer rekening bank untuk bisa menjadi nasabah pada perusahaan sekuritas, dimana ada beberapa sekuritas yang proses daftarnya full online atau tidak perlu datang menyerahkan berkas. Selain itu Bursa Efek Indonesia mendorong jumlah investor local dengan cara memberikan kesempatan untuk mulai berinvestasi di pasar modal cukup dengan uang Rp. 100.000. (ZFA)