FEBI NEWS| Departemen Religius HMPS Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN SURAKARTA menyelenggarakan acara MusTaQ (Musyawarah Tabungan Qurban) yang wajib diikuti oleh seluruh ketua kelas serta perwakilan kelas program studi Perbankan Syariah. Acara ini di laksanakan pada hari Selasa (21/07) dengan sistem daring menggunakan media WhatsApp Group dan di mulai pada pukul 19.30 WIB.

Kegiatan ini bertujuan agar penyaluran tabungan qurban sesuai dengan kesepakatan dari setiap perwakilan kelas. Dengan dipandu oleh moderator Khoirul Ihwana, kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Budi Sukardi,S.E.I., M.S.I selaku Kepala Program Studi Perbankan Syariah dan didampingi oleh Bapak Raia Sani Muharrami,S.E.I., M,E.I selaku Sekretaris Program Studi Perbankan Syariah. Dalam sambutannya, Bapak Budi menjelaskan bahwa tabungan qurban ini adalah untuk kepentingan dan kemaslahatan pada Hari Raya Qurban.

Harapannya tabungan qurban ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sehingga tabungan qurban ini bisa digunakan untuk membeli hewan qurban yang layak dan baik sesuai dengan syariah islam. Beliau juga mengingatkan bahwa tabungan qurban bukan untuk kesombongan tapi untuk memberikan uswah kebaikan hasil dari tabungan tersebut.

Sesuai dengan kesepakatan, tabungan qurban akan digunakan untuk membeli 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Tapi jika dana tersebut masih berlebih makan aku digunakan lagi untuk membeli 1 ekor kambing, jadi totalnya 2 ekor kambing. Sapi dan kambing tersebut akan di salurkan ke lokasi yang berbeda. Qurban ini akan di salurkan ke desa yang benar-benar membutuhkan dan ini di ambil dari 2 opsi dengan suara terbanyak yaitu di Desa Terban RT 02 RW 01 Kecamatan pabelan kabupaten semarang (untuk sapi) dan di Desa Srowot RT 06 RW 03 Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas (untuk kambing).

Semoga kegiatan ini bisa terselanggara dengan baik dan menjadi ladang pahala bagi kita semua.

Redaktur: Nurul Fauziyah/KJF