FEBI News| Sebagai bagian dari dukungan untuk mencegah virus Corona, M. Zainal Anwar, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta memberi bantuan wastafel injak portable dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di Komunitas Bank Sampah Kampung Gerjen Pucangan Kartasura. Acara ini dilaksanakan pada Ahad (19/7) pagi hingga sore di aula rumah ibu Anna-Gerjen Pucangan.

Ide pembuatan wastafel injak portable ini muncul setelah melihat adanya beberapa barang bekas yang terkumpul di Bank Sampah “Jensan Mugi Berkah” Gerjen Pucangan Kartasura. “Awalnya saya melihat seorang teman memposting wastafel injak portable. Lalu saya ingat adanya barang-barang bekas di Bank Sampah. Kemudian saya cerita dan menunjukkan fotonya ke pak Ahsan, warga Gerjen dan nasabah Bank Sampah. Nah, beliau ini lalu mencari barang-barang bekas di sekitarnya lalu dibuat menjadi westafel injak portable yang dibuat ala kampung ini,” ujar Zainal.

Proses pengerjaannya sekitar 2 minggu lalu diujicoba beberapa kali dan akhirnya berhasil. “Saya memanfaatkan beberapa barang yang ada di sekitar misalnya baskom yang sudah tidak terpakai lalu ada beberapa besi siku bekas dan beberapa pralon,” cerita pak Ahsan. Dari beberapa barang tersebut lalu dibuatlah westafel injak portable.
Westafel injak ini banyak manfaatnya misalnya mencuci tangan tanpa perlu membuka kran karena dilakukan dengan cara menginjak kaki pedal lalu keluar airnya. Dengan begitu kita bisa menghindari sentuhan langsung dengan benda-benda yang juga sering dipegang orang lain. Westafel ini diberikan ke Bank Sampah agar nantinya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas Bank Sampah yang banyak bersentuhan dengan barang-barang kotor. “Dengan adanya westafel injak portable yang bisa dipindah kemana-mana ini, kita harapkan aktivitas Bank Sampah bisa terus berjalan dengan baik,” kata Zainal. []