FEBI News | Setelah melakukan submit untuk akreditasi jurnal pada bulan April, Journal of Islamic Finance and Accounting (JIFA) kembali meluncurkan publikasi artikel ilmiahnya untuk volume 3 tahun 2020. Dalam terbitannya terdapat beberapa artikel yang patut untuk untuk dicermati dan dijadikan sebagai bahan referensi. Salah satunya adalah penelitian dari Muhammad Khozin Ahyar, mengusung judul “Tantangan Pondok Pesantren Menuju Lembaga Pendidikan Islam yang Akuntabel” dalam tulisanya beliau menyampaikan bahwa kemajuan teknologi seharusnya mampu dimaksimalkan manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan tata Kelola keuangan Pondok Pesantren. Salah satu alasan utama mengapa harus dimanfaatkan karena masih banyak Pondok Pesantren yang belum cakap terhadap pengelolaan keuangan sehingga masih sering ditemui di sebuah pondok pesantren belum memisahkan antara keuangan pondok dengan keuangan pribadi pemilik. Isu mengenai akuntabilitas juga diusung oleh Mufti Arief Arfiansyah dalam judul “Pengaruh Sistem Keuangan Desa dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa” dalam penelitiannya beliau menyampaikan bahwa pengendalian internal yang kuat akan meningkatkan akuntabilitas sebuah desa dalam pengelolaan dana desa.

Sementara itu dalam diskusi singkat dengan Managing Editor JIFA Samsul Rosadi menyampaikan “bahwa tahun ini justru jumlah artikel yang masuk semakin meningkat mungkin salah satu berkah corona para peneliti menjadi lebih produktif,” ungkapnya di sela-sela kesibukan melakukan editing artikel. Selain artikel-artikel diatas terdapat beberapa tema diantaranya akuntansi keuangan, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi UMKM.

Harapanya dengan semakin giatnya publikasi artikel ilmiah, JIFA dalam hal ini sedang proses akreditasi akan mendapatkan hasil akreditasi yang diharapkan dan mampu menjadi representasi karya keilmuan Program Studi Akuntansi Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta. Bagi para peneliti yang ingin melakukan sitasi dan membaca artikel terbaru dapat mengunduh di laman: https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/jifa/index. FA