FEBI News | Pandemi global yang disebabkan oleh menyebarnya Covid-19 secara signifikan mempengaruhi kehidupan masyarakat, khususnya di bidang ekonomi. Selama masa pandemi, banyak warga masyarakat yang berkurang pendapatannya atau kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja yang marak terjadi dimana-mana. Hal ini pula yang terjadi di lingkungan desa Gentan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Bahkan, para pemuda yang baru saja lulus SMK maupun sarjana sangat kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Merespon hal tersebut, pada hari Senin, 20 Juli 2020, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Surakarta, Arif Nugroho, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk #Entrepreneurship Sharing Session dengan tema “Ekonomi Kreatif di Era New Normal”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gagasan, pengetahuan, dan inspirasi bagi generasi muda di lingkungan desa Gentan Baki Sukoharjo tentang bagaimana membangun sebuah usaha yang kreatif dan adaptif dalam rangka menyongsong era kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19. Bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Fitriya Dessi Wulandari, seorang Entrepreneur muda yang sukses mengembangkan bisnis peralatan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Dalam kesempatan sharing session tersebut, narasumber menyampaikan bahwa membangun sebuah bisnis harus mampu melihat peluang dan kesempatan yang ada. Selain itu, memulai sebuah bisnis juga harus mempertimbangkan aspek inovasi, kreatifitas, dan kebaruan sehingga produk yang ditawarkan mampu menarik perhatian masyarakat dan bernilai jual tinggi. Lebih detail lagi, setelah narasumber selesai menyampaikan materi, peserta sharing session bebas bertanya dan berdiskusi dengan narasumber terkait ide bisnis dan pengalaman menjalankan sebuah bisnis yang sukses.

Acara yang dimoderatori oleh Meltysari Riscahyanti ini diikuti oleh sekitar 56 peserta yang tergabung dalam komunitas karang taruna desa Gentan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini terlaksana dengan lancar dalam bentuk seminar online dengan memanfaatkan platform Google Meet. Pelaksana berharap terselenggaranya kegiatan #Entrepreneurship Sharing Session ini dapat menambah wawasan dan inspirasi bagi generasi muda di desa Gentan Baki Sukoharjo untuk tetap semangat membangun usaha dan bisnis di era kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19.