FEBI News | Enam orang mahasiswa IAIN Surakarta atas nama Anggraeni Galuh Kurniawati, Dina Setya Wulandari, Santi Kamelia Putri, Dyah Ayu Milawati, Milandi Sindi Fatika dan Nur Rina Aminati, telah selesai melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mulai tanggal 21 Desember 2020 hingga 21 Januari 2021 yang bertempat di Kantor Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Sragen. ATR/ BPN merupakan lembaga pemerintah non kementerian di Indonesia yang memiliki tugas untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa peserta PPL mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai konsep dan implementasi layanan “One Day Service” yang dimiliki oleh ATR/ BPN Kab. Sragen. Program ini merupakan program layanan dimana menerapkan moto satu hari pengurusan pasti selesai. Hal ini merujuk pada Reformasi Birokrasi pada Badan Pertanahan Nasional RI. Program layanan “One Day Service” ini merupakan inovasi yang hadir untuk menjawab tantangan program layanan di masa pandemi. Hal ini sebagai tindak lanjut dari peraturan pemerintah yang mewajibkan kantor menerapkan 25% karyawan yang bekerja dari kantor (work from office) dan 75% bekerja dari rumah (work from home) sehingga akan sangat efektif apabila menggunakan program layanan “One Day Service”. Selain mempelajari program tersebut, para mahasiswa peserta PPL juga mempelajari tata cara pengecekan sertifikat tanah, peralihan hak atas tanah karena transaksi jual beli, perubahan hak dalam rangka peningkatan hak sesuai peraturan, dan penghapusan hak tanggungan (roya).

Pada penutupan kegiatan PPL, Kepala ATR/ BPN Kab. Sragen, Drs. Agus Purnomo, S.H., M.H. mengungkapkan harapannya agar mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi dunia kerja melalui kegiatan PPL yang telah dilaksanakan tersebut. Red: FEBI News.