FEBI News| Menjadi akademisi merupakan salah satu cita-cita dari sebagian mahasiswa khususnya yang ada di Program Studi Akuntansi Syariah, ini dilihat melalui adanya kelas peminatan akademisi disamping kelas minat lainnya yaitu professional dan wirausaha. Untuk semakin memberikan kesiapan dan memantapkan minat mahasiswa Program Studi AKS menjadi calon-calon akademisi, Program Studi melaksanakan kegiatan untuk kelas peminatan di semester gasal tahun 2021 ini dengan mengangkat tema ”Siap Berkompetisi menjadi Akademisi” yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 dengan menghadirkan narasumber dosen muda dari Universitas Brawijaya Aji Purba Trapsila, MEI, serta dimoderatori oleh M. Choirul Huda, S.Akun.

Dalam paparan materinya, narasumber mengawali dengan mengajak para mahasiswa peserta kegiatan untuk flashback kemasa lalu, melihat bagaimana orang-orang hebat atau para ilmuan dimasa lalu yang luar biasa komitmennya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan meski mereka kurang atau bahkan tidak dikenal orang, dan banyak pula yang harus mengorbankan jiwa dan raganya untuk membangun dan mempertahankan idealisme akademis. Paparan materi kemudian dilanjutkan dengan gambaran kondisi ilmuan atau akademisi saat ini yang banyak memberikan kesempatan atau keuntungan, mulai dari keuntungan bisa jariyah ilmu hingga keuntungan pada aspek finansial, skil-skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang akademis, dan yang paling menarik, beliau memberikan gambaran bagaimana perjuangan beliau ditengah keras dan susahnya harus membiayai sendiri kebutuhan hidup dan studi dari mulai S1 hingga bisa menyelesaikan pendidikan strata 2 hingga akhirnya bisa menjadi dosen di kampus beliau saat ini.

Pembicara juga berpesan bahwa untuk bisa menjadi seorang akademis, maka modal penting adalah cintai dunia akademis. Selain itu, beliau juga berpesan, perbanyaklah isi didalam CV dengan cara memperbanyak aktivitas organisasi selama kuliah, perbanyak prestasi terutama prestasi-prestasi akademik. Dengan CV yang baik akan menjadi salah satu modal bersaing menjadi akademisi.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan peserta melalui kolom chat, mulai dari bagaimana membangun motivasi agar semangat untuk menjadi akademisi, apa yang perlu disiapkan untuk bisa mendapatkan beasiswa studi (S2), bagaimana menjadi akademisi yang tidak hanya dominan pada aspek konseptual, dan beberapa pertanyaan lain. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dan penutupan acara oleh MC. (Usnan)