FEBI News| Pesantren Mahasiswa Diniyyah (PESMADIN) FEBI  UIN Raden Mas Said  Surakarta menyelenggarakan Peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini diikuti oleh semua  Musyrif/Musyrifah dan para pembina PESMADIN secara offline dan untuk Mahasantri TA 2021 secara virtual dengan live youtube.  Kegiatan ini  dilaksanakan pada Rabu, (03/11/2021) pada pukul 19.30 WIB-Selesai di Aula FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara yang pertama yaitu pembacaan sholawat al-Barzanji diiringi tim hadroh dan para musyrif/musyrifah PESMADIN  sebagai bentuk rasa kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dibulan kelahiran beliau yang penuh keberkahan ini. Acara selanjutnya yaitu mau’idhoh hasanah yang disampaikan oleh  pengasuh PESMADIN Ustadz Nur Hidayah Al-Amin,Lc.M.E.SY. Ia  menyampaikan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekedar peringatan  saja akan tetapi ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad karena kemuliaannya. “Maulid Nabi juga menjadi wadah untuk mengajak umat Islam dalam membaca shalawat kepada Nabi. Sebagaimana  Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Bukan sekedar lahirnya saja akan tetapi ada nilai-nilai yang dibawanya. Yang pertama, yaitu nilai religius atau keagamaan dengan diadakannya peringatan maulid ini mengingatkan kita akan ajaran-ajaran Islam” Ungkap Ustadz Amin.

PESMADIN juga menerapkan nilai religius ada para mahasantri dan ustadz ustazah  yang mengajarkan ajaran-ajaran tersebut, seperti tatacara ber wudhu, tayamum, mandi wajib dan sholat. “Islam tidak mengajarkan kita untuk menyalahkan satu sama lain. Mari pada acara Peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW  kita renungkan sifat-sifat Rosulullah yaitu, sederhana, tidak sombong dan selalu berbuat baik kepada siapapun bahkan kepada orang yang telah menyakitinya  karena sejatinya kita sama dihadapan Allah SWT. Nilai yang kedua adalah Nilai Sosial seperti contohnya yaitu kegiatan bermuamalah. Nilai yang terakhir yaitu nilai kebersamaan, sebagai mana contohnya disaat Rosulullah hijrah dari Mekah ke Madinah beliau di sambut oleh orang-orang Madinah dengan penuh kebahagiaan dan kebersamaan.” Pungkas Pengasuh PESMADIN FEBI.