FEBI News | Unit konsorsium dosen kembali melaksanakan kegiatan Diskusi dosen online pada hari Kamis (4/11/2021) melalui aplikasi zoom meeting. Tinjauan Fikih pada Pengembangan Produk Perbankan Syariah merupakan tema yang diangkat pada kegiatan diskusi dosen kali ini dengan menghadirkan narasumber yang merupakan pakar sekaligus praktisi yang telah banyak malang melintang di dunia perbankan syariah yaitu Dr. Ardiansyah Rakhmadi, MSI (Head of Sharia Compliance pada PT Bank Muamalat Indonesia). Tema diskusi kali ini diangkat dengan harapan dapat memberikan update seputar dunia praktis khususnya perbankan syariah dalam pengembangan produknya, serta bagaimana pengembangan tersebut dilihat dari perspektif Fikih.

Pada rangkaian kegiatan pertama yaitu sambutan yang disampaikan oleh Dekan FEBI, Dr. M. Rahmawan Arifin. Dekan sangat mengapresiasi kegiatan diskusi kali ini, sekaligus tema yang diangkat pula sejalan dengan apa yang diangkat pula dalam kegiatan AICIS yang baru saja dilaksanakan selama 4 hari di akhir bulan Oktober 2021. Beliau berharap, Islam khususnya melalui fikih terus mampu mejawab berbagai persoalan dan tantangan zaman, khususnya dalam bidang ekonomi.

Kegiatan inti diskusi kali ini dipandu oleh moderator Agus Setiawan, ME. Pada acara inti materi, narasumber ( Dr. Ardiansyah) memberikan paparan mulai dari materi I yaitu Mengenali konsep produk adaptif dan originatif pada perbankan syariah, dan menjelaskan bagaimana mengenali antara konsep produk yang adaptif dan originative, selanjutnya materi II yaitu mengenali kelompok pasar bagi perbankan syariah yang terdiri dari pasar rasional dan pasar spiritual, selanjutnya materi III tentang pengenalan realitas produk di perbankan syariah Indonesia apakah lebih originatif atau adaptif, dan paparan materi diakhiri dengan memberikan beberapa kesimpulan dan saran bagi pengembangan produk perbankan syariah.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanyajawab disampaikan oleh peserta. Setelah berakhir materi dan kegiatan diskusi, acara diakhiri dengan closing stemtement yang disampaikan oleh narasumber, dan selanjutnya sesi foto bersama dan penutupan kegiatan diskusi oleh pembawa acara (Usnan).