FEBI News | Bertempat di Pondok Pesantren Al-Barokah Sukoharjo, FEBI UIN Raden Mas Said bersama HEBITREN Soloraya gelar acara sosialisasi dan koordinasi pengembangan bisnis pesantren bersama Pimpinan dan Perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri. Tercatat lebih dari 80 orang perwakilan menghadiri acara yang digelar pada Selasa (16/11/2021) di Aula Pondok. Turut hadir dalam acara ini Dekan FEBI UIN RM Said Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si., Wakil Dekan 2 Dr. Hj. Woro Retnaningsih, M.Pd., Kabag TU Nurhidayatiningsih, M.H., Tim Dosen FEBI Asep Maulana Rohimat, M.S.I, Moh. Irsyad, M.E serta Lailaturahmah, SE. Hadir Pula Ketua HEBITREN Soloraya KH. Miftahulhuda, Wakil Ketua KH. Sutrisno Yusuf, M.Pd, beserta para pengurus lainnya. Sebagai perwakilan Pemerintah hadir pula Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kab. Sukoharjo serta perwakilan Bank Syariah Indonesia Cabang Solo.

Dekan FEBI Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si berikan sambutan sekaligus arahan terkait peran FEBI UIN RM Said dalam pengembangan bisnis pesantren. Menurutnya acara di Pondok Al-Barokah ini merupakan acara ke-10 yang dilakukan oleh FEBI dan HEBITREN. Acara kali ini dilaksanakan untuk menguatkan dan mensosialisasikan dukungan FEBI selaku Perguruan Tinggi kepada program-program HEBITREN. Salah satu dukungannya adalah pembuatan website hebitren-soloraya.id juga media sosial untuk media promosi produk-produk bisnis pesantren. Selain itu, FEBI juga sedang membuat buku direktori potensi bisnis pesantren berbasis riset, yang nantinya akan digunakan oleh berbagai stake holder dalam pengembangan bisnis pesantren. “FEBI juga akan mengundang Para anggota HEBITREN untuk hadir di Kampus FEBI dalam rangka pelatihan mutu produksi dan marketing bisnis pesantren”. Pungkas Dekan FEBI

Ketua HEBITREN Soloraya, KH Miftahulhuda menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung HEBITREN, “niat kita semua adalah berkolaborasi untuk bergerak bersama mengembangkan bisnis pesantren, hari ini kita akan mendengarkan penjelasan dan peran BSI untuk mendorong bisnis pesantren, serta penjelasan Indogrosir dalam hal bisnis retail mini market modern”. Ungkap Kyai Pimpinan Pondok Al-Hikmah tersebut. HEBITREN dan FEBI UIN Raden Mas Said berkomitmen melakukan kolaborasi yang intens untuk mengembangkan bisnis pesantren di Soloraya, tujuan utama agar pondok pesantren bisa mandiri dalam bidang ekonomi dan mampu berikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.