FEBI News| Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bersama HEBITREN Soloraya gelar acara Kolaborasi Pengembangan Ekonomi dan Bisnis Pesantren di Pondok Pesantren Darul Qur’an Ngrampal Sragen. Acara dilaksanakan pada Kamis (11/11/2021) di Pendopo Pondok Darul Qur’an Sragen. Hadir dalam acara ini Ketua HEBITREN Soloraya KH. Miftahul Huda, Ustadz Zakky selaku Ketua Yayasan beserta Ustadz Bambang Tri Wahyudi selaku pengasuh Pondok Darul Qur’an Sragen dan Tim Dosen FEBI Asep Maulana Rohimat, M.S.I. Hadir sebagai peserta 50 perwakilan Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Sragen.

Dalam Acara kali ini, HEBITREN Soloraya mengundang tim Indogrosir untuk menyampaikan presentasi terkait program bisnis retail yang mereka kelola. Untuk diketahui bahwa HEBITREN Soloraya membuat program pengembangan bisnis retail untuk Pondok Pesantren, dengan harapan agar kebutuhan sehari-hari pondok bisa dikelola secara mandiri dan menguntungkan pihak pondok.

Ketua HEBITREN Soloraya, KH. Miftahulhuda menyampaikan dukungan dan dorongan kepada para pimpinan Pondok untuk tidak segan mengelola bisnis Pesantren sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh Pondok tersebut, dengan catatan pondok tidak hilang jatidirinya sebagai lembaga pendidikan agama yang kuat. “Pondok harus tampil didepan dalam mengelola kebutuhan sehari-hari sebagai potensi bisnis.” Ungkapnya.

Sebagai Perwakilan tim Dosen FEBI UIN Raden Mas Said, Asep Maulana Rohimat, M.S.I berikan sambutan dan pengantar dalam acara ini. Ia menyampaikan bahwa FEBI sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tiga program pokok, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ketiga program tersebut sangat tepat dilakukan secara kolaborasi bersama HEBITREN Soloraya dan semua stake holder terkait, salah satu bentuknya adalah pengajaran teori-teori bisnis Islam modern kepada para pengelola bisnis pesantren, kemudian penelitian potensi-potensi bisnis yang khas dimiliki oleh pondok pesantren, setelahnya adalah pendampingan pengembangan bisnis kepada pondok pesantren sebagai bentuk dari pengabdian masyarakat.